Hey,welcome to the SCIENCE ZONE, happy learn and take your information about science in here.Thank You.

Selasa, 21 Mei 2013

Atom, Ion dan Molekul


 

A. Atom
Atom berasal dari bahasa Yunani, yakni atomos (a berarti tidak dan tomos berarti terbagi). Ini berarti bahwa atom adalah partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Hingga saat ini manusia belum dapat melihat partikel terkecil secara langsung. Dengan demikian, belum ada yang dapat mengetahui bentuk atom yang sebenarnya.

Gambar 1. Atom Dalton
Sumber: http://kimia.upi.edu

Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru. Atom bersifat tidak bermuatan (netral).
Pendapat Dalton mengenai atom ini kemudian disempurnakan oleh ahli-ahli yang lain seperti J.J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan Louis de Broglie. Menjelang abad ke-19, diketahui bahwa atom bukanlah partikel yang tidak dapat dibagi-bagi lagi karena mengandung sejumlah partikel subatomik yaitu elektron, proton, dan netron.


Gambar 3. Anion dan kation
Sumber:

Ion adalah atom atau gugus atom yang bermuatan listrik. Ion merupakan atom atau gugus atom yang menerima atau melepas elektron.  Ion terdiri atas kation dan anion. Ion positif dinamakan kation dan ion negatif dinamakan  anion. Misalnya, NaCl dapat dibentuk dari atom Na dan Cl. Atom Na akan membentuk ion Na+ sebagai kation dan  atom Cl membentuk ion Cl¯ sebagai anion. Atom-atom netral berubah menjadi ion saat menerima atau melepaskan elektron. Peristiwa terlepasnya atau masuknya ion disebut  ionisasi. Ion ditemukan pertama kali oleh fisikawan Jerman,  Julius Elster dan Hans Friedrich Geitel pada tahun 1899.

            Senyawa yang terbentuk dari ion positif dan ion negatif dinamakan senyawa ionik. Contoh senyawa ionik adalah Kalsium karbonat (CaCO3) terbentuk dari ion Ca2+ dan ion CO32-.
C. Molekul
Gabungan dua atom  atau  lebih  yang  berasal  dari  unsur  yang  sama  atau

berbeda yang dapat saling berantaraksi disebut molekul.  Jika  atomnya  berasal  dari  unsur yang sama maka molekul tersebut disebut molekul unsur. Jika suatu molekul tersusun atas dua atau lebih atom dari unsur yang berbeda maka disebut molekul senyawa.


1.   Molekul Unsur
Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom-atom unsur yang sama atau sejenis. Molekul yang terbentuk dari dua atom disebut molekul dwiatom, misalnya Nitrogen (N2). Sedangkan, atom yang terbentuk dari tiga atom atau lebih disebut molekul poliatomik. Sebagai contoh, molekul yang dibentuk oleh tiga atom disebut molekul triatom, misalnya Ozon (O3). Molekul yang terdiri atas empat atom disebut molekul  tetraatom, misalnya posfor (P4). 
2.   Molekul Senyawa
Molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom unsur-unsur yang berbeda. Contoh molekul senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air (H2O).


Dafar Pustaka
 Karim, Saeful, dkk. 2008. Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar